Bahan epoxy lantai sudah bukan menjadi hal baru di bidang konstruksi, khususnya pada lantai. bahan ini umumnya digunakan sebagai pelalpis yang dapat memperkuat serta memperindah lantai bangunan.

Material yang terbuat dari bahan kimia ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis lantai. mulai dari lantai beton, lantai keramik hingga lantai kayu.

Epoxy lantai juga dikenal karena dapat membuat lantai menjadi lebih menarik dengan adanya berbagai pilihan warna dan kesan mengkilap.

Namun tahukah Anda, bahan kimia apa sajakah yang menjadi komponen dalam pembuatan epoxy lantai? mari simak berbagai informasi seputar bahan epoxy lantai yang perlu Anda ketahui.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis epoxy lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

Komponen Bahan Epoxy Lantai

Kontraktor Epoxy Lantai

Material epoxy lantai terbuat dari hardener dan bahan resin yang diperoleh dari proses polimerasi dari bahan epoksida.

Selain itu, epoxy lantai terbuat dari bahan kimia lain seperri asam, fenol, alcohol dan aminda polifungsi.

Dari berbagai komponen tersebut, mungkin yang sudah cukup terkenal sebelumnya adalah bahan hardener dan resin. Bahan resin yang digunakan biasanya berasal dari Asia maupun Eropa.

Dalam pengerjaan epoxy lantai, bahan resin digunakan sebagai dasar. Sedangkan untuk bahan hardener dijadikan sebagai bahan penguat lantai. bahan ini umumnya disebut sebagai zat aditif.

Tahapan dalam Membuat Epoxy Lantai

Jasa Pengecatan Epoxy Lantai Lampung

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang belum mengetahui cara membuat bahan epoxy lantai yang baik dan benar. Secara umum, epoxy lantai terbuat dari campuran bahan kimia.

Untuk pembuatannya pun biasanya epoxy lantai dibuat dengan jumlah banyak, oleh perusahaan dan tidak diproduksi secara perorangan.

Selain itu, proses yang dilalui untuk membuat epoxy lantai juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Harus ada riset mendalam yang diadakan sebelum melakukan proses pembuatan epoxy lantai, Tahap pertama dalam proses pembuatan epoxy adalah menyiapkan mesin mix.

Mesin mixer yang disiapkan ini berfungsi untuk seluruh bahan yang digunakan untuk membuat epoxy lantai. mesin ini juga berkapasitas hingga 2 ton.

Selanjutnya, siapkan juga mesin pengemas yang berfungsi untuk memasukan epoxy lantai yang yang sudah dimixer ke dalam kemasan.

Meskipun mungkin terdengar asing, namun mesin mixer dan pengemas epoxy mudah ditemukan karena telah banyak dijual di Indonesia.

Setelah itu, siapkan bahan yang akan diolah menjadi epoxy lantai. bahan kimia untuk pembuatan epoxy ini biasanya diimpor dari luar negeri dan dijual dengan harga fantastis.

Inilah yang menyebabkan epoxy hanya dibuat dalam jumlah besar oleh perusahaan tertentu, yakni agar dapat menghemat biayanya.

Jika telah siap, bahan-bahan kimia tersebut dimasukkan ke dalam alat mixer untuk dicampurkan. Karena menggunakan bahan kimia, proses ini harus didahului dengan riset yang mendalam.

Selain itu, bahan kimia yang digunakan harus dimasukkan melalui tahapan dan perhitungan waktu yang khusus. Kecepatan alat mixer juga disesuaikan.

Berbagai proses dan ketentuan ini harus dilakukan agar proses pembuatan berlangsung aman dan material epoxy yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

Metode Kerja Epoxy Lantai

Umumnya epoxy lantai diaplikasikan melalui beberapa metode kerja. secara umum, metode tersebut terdiri dari metode persiapan lantai, aplikasi epoxy dan pasca aplikasi epoxy.

Ketiga tahap metode ini harus dilakukan oleh para kontraktor agar lantai yang dikerjakan memiliki hasil yang maksimal.

Pada metode persiapan lantai, permukaan lantai yang akan dikerjakan harus dibersihkan dan dihaluskan agar epoxy dapat diaplikasikan dengan baik.

Selain itu, pada metode ini juga dilakukan pengecoran agar fondasi lantai lebih kuat dan siap dilapisi bahan epoxy lantai.

Kemudian untuk metode aplikasi epoxy, permukaan akan dilapisi dengan lapisan awal berupa epoxy polimer yang dibiarkan selama 12 jam.

Setelah itu lantai akan kembali dilapisi dengan epoxy coat yang setelah kering akan dihaluskan dengan bantuan roller. Proses ini harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati.

Dan pada metode pasca aplikasi epoxy, kontraktor epoxy tinggal menunggu lantai kering dan melihat hasil tampilannya. Pada metode ini biasa dibutuhkan waktu selama 7 hari agar tampilan epoxy bisa terlihat ke permukaan lantai.

Cara Pengaplikasian Bahan Epoxy Lantai

Proses pengaplikasian epoxy lantai yang dilakukan oleh para kontraktor melalui beberapa tahapan. Pertama-tama, permukaan lantai yang akan diberi epoxy lantai akan dikosongkan dan dihaluskan dengan bantuan alat trowel.

Proses penghalusan ini disebut sebagai proses grinding, dan dilakukan untuk menghaluskan serta membuka pori lantai.

Setelah proses grinding, permukaan lantai akan dilapisi dengan primer epoxy secara merata dengan bantuan alat roll. Kemudian proses selanjutnya akan dilakukan setelah lapisan primer epoxy telah mengering.

Setelah lapisan primer epoxy mengering, permukaan lantai akan dilapisi dengan plamir epoxy dengan menggunakan raskam atau kape scrap.

kemudian lapisan plamir akan disortir untuk mengecek kerataan dari permukaan lantai. hal ini termasuk sebagai hal yang penting, karena permukaan lantai plamir yang tidak rata dapat mempengaruhi warna epoxy lantai.

Jika beberapa proses tersebut telah diselesaikan, para kontraktor akan memberikan lapisan epoxy dasar pada lantai.

Proses ini disebut sebagai proses epoxy coating (base coat). Dan proses pengerjaan epoxy lantai yang terakhir adalah finishing.

Proses finishing disebut sebagai proses top coat atau pelapisan epoxy lantai terakhir. epoxy lantai ini dilakukan dengan mengulang proses epoxy dasar.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan ketebalan epoxy yang sesuai dengan kebutuhan bangunan.

Untuk bangunan yang selalu ramai, biasanya lantai bangunan diberi epoxy lantai dengan tingkat ketebalan yang tinggi.

PT. Rinjani Warna Karya, Kontraktor yang Menggunakan Bahan Epoxy Lantai Berkualitas

Proses Pengecatan Epoxy Lantai

Proses Pengecatan Epoxy Lantai

Karena menggunaan bahan kimia, epoxy lantai tentu tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pengerjaan epoxy lantai yang benar dan menghasilkan lantai yang berkualitas, hanya bisa dilakukan oleh ahlinya.

Anda harus cermat dalam memilih kontraktor epoxy lantai, agar proses pengerjaan dapat berjalan dengan baik dan bisa mendapat hasil yang maksimal.

Pilihlah kontraktor epoxy lantai yang terpercaya, karena secara umum orang pasti memilih kontraktor terpercaya karena mereka telah berpengalaman.

Anda bisa menjadikan PT. Rinjani Warna Karya sebagai pilihan kontraktor terpercaya.

Kontraktor ini telah dipercaya oleh seluruh pelanggannya dan bahkan telah memberikan layanan terbaiknya pada berbagai perusahaan ternama.

Tentu ada faktor lain yang menyebabkan banyak pihak yang mempercayakan pengerjaan epoxy lantai pada perusahaan ini.

Hal tersebut dikarenakan, perusahaan ini telah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dibidang konstruksi lantai. banyaknya pengalaman yang dimiliki tentu membuat perusahaan ini menjadi kontraktor professional.

Dalam proses pengerjaan epoxy lantai, PT. Rinjani Warna Karya juga menggunakan bahan epoxy lantai yang berkualitas, sehingga menjamin mutu dari lantai yang dikerjakan.

Pilihlah kontraktor terpercaya yang menggunakan bahan epoxy lantai berkualitas untuk mendapatkan hasil lantai dengan mutu yang terjamin.

PT. Rinjani Warna Karya, pilihan kontraktor epoxy lantai terbaik untuk pengerjaan epoxy di lantai bangunan Anda.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis epoxy lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp