Cara menggunakan epoxy resin sudah bukan menjadi hal yang baru bagi para pembuat kerajinan resin maupun pekerja konstruksi.

Bahan resin dikenal sebagai bahan serbaguna yang dapat dijadikan sebagai bahan pelapis maupun perekat serbaguna.

Namun untuk Anda yang belum mengenal lebih jauh tentang epoxy resin, mungkin Anda belum mengetahui cara menggunakan epoxy resin.

Penggunaan epoxy resin sebenarnya tidaklah sulit jika memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dan pengalaman yang mumpuni.

Pengalaman dan ketelitian menjadi hal yang sangat penting dalam pengerjaan epoxy resin. Mengapa demikian? Karena bahan ini cukup berbahaya jika terkena bagian tubuh, seperti tangan.

Keunggulan Epoxy Resin

Sebelum mengetahui cara menggunakan epoxy resin, Anda tentu perlu mengetahui tentang keunggulan dari epoxy resin.

Jika dibandingkan dengan jenis epoxy lain, epoxy resin memiliki penyusutan yang rendah selama perawatan. Selain itu, epoxy resin memiliki resistensi kimia dan sifat listrik yang baik.

Karena memiliki sifat listrik dan resistensi kimia yang baik, maka epoxy resin lebih sering digunakan pada lantai bangunan laboratorium, rumah sakit dan pabrik.

Untuk bangunan gudang, epoxy resin juga bersifat tahan benturan, sehingga lantai gedung dapat tahan benturan dan lebih awet.

Epoxy resin tahan terhadap kelembaban, tidak mudah menguap dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Dalam proses pengaplikasiannya pada lantai, epoxy resin dapat memberi kesan mengkilap dan bisa diaplikasikan tanpa penghalusan akhir atau finishing.

Material pelapis ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan kebeningan pada lantai. Hal tersebut dikarenakan, material ini terlihat sangat bening dan mengkilap.

Untuk wilayah Indonesia yang kini memiliki banyak pabrik, epoxy resin dapat bermanfaat untuk membuat lantai pabrik lebih tahan terhadap benturan maupun tempaan beban berat.

Selain itu, epoxy resin yang mengkilap dan bening juga dapat diaplikasikan untuk memperindah lantai hotel dan restoran. Umumnya epoxy resin diaplikasikan pada lantai dengan dicampur bersama hardener pada epoxy lantai.

Tetapi fungsi dari epoxy resin ini sendiri adalah sebagai bahan perekat, karena bahan ini memiliki tingkat kerekatan yang tinggi.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis epoxy lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

Perbedaan Epoxy Resin dan Epoxy Lantai

Perbedaan Epoxy Resin dan Epoxy Lantai

Dalam pengerjaan epoxy untuk lantai, sebenarnya secara umum terdapat dua jenis epoxy, yaitu epoxy resin dan epoxy lantai. Namun sayangnya, hingga saat ini tidak sedikit yang menganggap bahwa kedua material ini adalah material yang sama.

Meskipun keduanya dapat diaplikasikan pada lantai bangunan, tetapi  epoxy resin dan epoxy lantai memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan ini dimulai dari material, sifat, warna, cara penggunaan, dan kegunaannya.

Epoxy resin cenderung memiliki warna yang bening kekuningan. Sedangkan epoxy lantai memiliki berbagai varian warna dan motif.

Epoxy resin dikenal karena memilki ketahanan terhadap benturan dan dapat memberi kesan mengkilap. Sedangkan epoxy lantai dapat menjadi material pelapis yang dapat menguatkan namun tidak mengkilap.

Dari segi material, epoxy resin terbuat dari bahan alami dan kimia, dan epoxy lantai terbuat dari bahan campuran antara resin dan hardener.

Efek mengkilap pada epoxy lantai muncul karena adanya kandungan resin, dan unsur kuatnya ada karena kandungan hardener dan resin.

Dalam proses pengerjaannya, epoxy resin memberi kesan bening dan  dapat dikerjakan tanpa finishing karena sudah memiliki tektur yang halus.

Sedangkan dalam pengerjaan epoxy lantai cenderung berwarna dan harus memiliki proses finishing agar media yang diaplikasikan dapat bertekstur halus.

Untuk cara menggunakan, epoxy resin, material ini dapat digunakan sebagai lem, maupun pelapis dan bahan baku industri.

Epoxy lantai hanya dapat dijadikan sebagai bahan pelapis. Epoxy resin dapat digunakan sebagai perekat serbaguna karena memiliki daya rekat yang lebih kuat disbanding epoxy lantai.

Cara Menggunakan Epoxy Resin

Epoxy resin dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari kebutuhan sehari-hari, kerajinan, hingga konstruksi.

Dibidang konstruksi, epoxy resin dapat digunakan sebagai perekat antara semen dan mortar, serta menjadi pelapis lantai bangunan. Epoxy resin merupakan pelapis anti selip yang baik untuk lantai bangunan.

Cara menggunakan epoxy resin pada konstruksi lantai, dapat dilakukan dengan mencampurkannya dengan cat epoxy. Pencampuran epoxy resin dan cat epoxy ini dapat menghasilkan lantai dengan tampilan warna dan motif yang menarik.

Namun untuk cara menggunakan epoxy resin juga bisa dilakukan tanpa dicampur dengan cat epoxy. Cara penggunaan jenis ini dapat membuat lantai bangunan menjadi lebih mengkilap dan terlihat bening.

Untuk digunakan sebagai perekat sebaguna, epoxy resin bisa digunakan dengan dicampurkan bersama hardener dengan jumlah perbandingan 1 : 1.

Pencampuran bahan ini dapat memberi daya lekat yang kuat. Selain itu jika digunakan untuk kegiatan industri, epoxy resin dapat membuat media yang dilapisi atau dibuat menjadi lebih licin dan terlihat bening.

Penggunaan Epoxy Resin dalam Kebutuhan Sehari-Hari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, epoxy resin dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Dalam kebutuhan sehari-hari, material ini dapat digunakan sebagai perekat serba guna dan dapat memperkuat permukaan berpasir saat pengeboran minyak.

Selain itu, dalam bidang industri, epoxy resin dapat digunakan sebagai bahan pelapis industri dan bahan baku pembuatan kerajinan. Epoxy resin dapat digunakan untuk merekatkan bahan kayu, besi, baja, plastik, keramik ataupun kertas.

Keselamatan Kerja Selama Menggunakan Epoxy Resin

Cara menggunakan epoxy resin dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti kebutuhan industri dan konstruksi. Perlu diketahui bahwa, epoxy resin merupakan material yang sangat baik untuk konstruksi lantai, namun dapat mempengaruhi tubuh.

Epoxy resin umumnya tidak mengandung bahan beracun, namun jika mengenai tubuh, maka dapat menyebabkan iritasi kulit, alergi, hingga cidera.

Agar terlindung dari bahaya yang disebabkan oleh epoxy resin, para pekerja harus menggunakan pakaian dan kacamata yang dirancang khusus untuk melindungi tubuh.

Karena itu, jika ingin memperoleh manfaat dari bahan epoxy resin pada lantai, sebaiknya Anda mempercayakan pekerjaan tersebut pada kontraktor profesional.

Kontraktor Epoxy Profesional dan Terpercaya PT. Rinjani Warna Karya

Untuk pengerjaan epoxy resin pada lantai bangunan, pilihlah kontraktor profesional seperti PT. Rinjani Warna Karya. Perusahaan kontraktor epoxy ini telah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun, sehingga dapat memberikan layanan dengan kualitas terjamin.

Rinjani Warna Karya telah melayani banyak pelanggan yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya pelanggan perorangan, perusahaan ini juga telah memberikan layanan terbaiknya kepada berbagai perusahaan ternama.

Rinjani Warna Karya telah dipercaya dapat memberikan pelayanan yang terbaik, sesuai dengan keinginan pelanggan.

Untuk menjamin kepuasan Anda, perusahaan terpercaya ini memberikan layanan konsultasi gratis, garansi serta harga layanan yang terjangkau.

Pengerjaan epoxy diperlukan pengalaman serta tingkat ketelitian yang tinggi agar lantai yang dihasilkan bisa memiliki kualitas yang tinggi.

Selain itu cara menggunakan epoxy resin juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, pekerjaan ini hanya dapat dilakukan oleh ahlinya, seperti PT. Rinjani Warna Karya.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis epoxy lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp