Memperhatikan desain interior sebuah ruangan atau tempat berlangsungnya segala aktivitas merupakan hal penting untuk diterapkan. Tidak hanya mementingkan kesan artistik tetapi juga ketahanannya. Dalam hal ini cat epoxy lantai untuk dinding apakah bisa? Jawabannya dapat diperoleh melalui pembuktian.

Cat Epoxy Lantai untuk Dinding, Apakah Bisa?

Ketika pertanyaan ini diajukan maka jawabannya adalah tentu bisa. Sebab cat epoksi yang banyak dijual di pasaran bersifat multi guna. Bahkan dalam aturan pemakaian dijelaskan bahwa penggunaan tidak hanya terbatas pada lantai saja. Pemilik hunian dapat pula menerapkannya pada dinding bangunan.

Setelah proses epoxy dinding dilakukan, perlahan cairannya akan mengering dan bereaksi menjadi polimer padat. Dinding menjadi terlapisi dengan zat kimia tersebut sehingga lebih kuat, menutup pori-pori dinding dan mencegah terjadinya kerusakan akibat pengaruh fisika atau kimia di lingkungan sekitarnya.

Cat Epoxy multi-guna melapisi sekaligus menutup permukaan lantai atau dinding beton. Bahan kimia ini tidak bersifat merusak kondisi tembok sehingga cocok untuk digunakan pada bagian bangunan sebagai pilihan lain dari marmer, keramik dan sebagainya. Selain itu tersedia dalam variasi warna berbeda.

Beberapa Alasan Mengapa Cat Epoksi di Terapkan pada Dinding

Proses epoksi pada dinding dilakukan bukan tanpa alasan. Hal ini terlihat dari keinginan beberapa pemilik hunian atau bangunan untuk memperindah serta memperkuat tembok tersebut. Cat epoxy pada kenyataannya mampu memenuhi kebutuhan konsumen terkait aspek kekuatan struktur dari bangunan.

Mampu Menutup Celah atau Pori-Pori Dinding

Dinding beton umumnya memiliki pori-pori mulai dari ukuran besar sampai sangat kecil. Meskipun terlihat seperti tidak ada masalah, bukan berarti keadaan tersebut harus diabaikan. Kondisi permukaan tembok dapat menjadi lembab akibat terperangkapnya cairan atau uap air, bisa berasal dari temperatur ruangan.

Akibat kondisinya yang lembab, bakteri berbahaya akan berkembang di permukaan tembok tersebut. Hal inilah mengapa cat epoxy dibutuhkan agar kondisi dinding tetap kering dan mencegah tumbuhnya mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan para penghuni atau pekerja di sekitarnya.

Terdiri Berbagai Pilihan Warna

Seperti diketahui bahwa cat epoksi bukan sekedar bahan kimia yang melapisi permukaan dinding tanpa memberikan pengaruh apapun. Di sisi lain memperlihatkan keindahan untuk tembok bangunan dengan berbagai pilihan warna mulai dari hijau, biru, merah, kuning lemon, abu-abu dan masih banyak lagi.

Pemilik hunian dapat memilih sendiri sesuai selera mengingat banyaknya pilihan warna tersebut. Mulai dari warna cerah sampai gelap tersaji untuk melapisi dinding ruangan. Beragam brand dari cat epoksi banyak dijual di pasaran dengan berbagai ukuran kemasan dan berat yang telah disesuaikan.

Mampu Mencegah Tumbuhnya Bakteri

Kekuatan bahan kimia ini ketika melapisi dinding menutup seluruh bagian pori-pori sehingga menghindari kelembapan di bagian permukaannya. Keadaan tersebut tentu menyulitkan bagi mikroorganisme penyebab penyakit untuk memiliki tempat berkembang serta menyebar luas pada area luar tembok.

Itulah sebabnya beberapa industri kesehatan atau perusahaan farmasi menggunakan cat epoksi untuk melapisi dinding bangunannya. Lewat kelebihannya dalam melapisi tembok agar tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri yang dapat menghinggapi tubuh manusia ketika menyentuh permukaannya.

Mudah untuk Dibersihkan

Dinding pada suatu hunian memungkinkan untuk terpapar debu atau noda yang dapat menempel di permukaannya. Hal ini tentu menjadi kurang baik untuk dipandang dan mengurangi keindahan bagian konstruksi bangunan tersebut. Namun akan berbeda ceritanya jika tembok sudah dilapisi cat epoksi.

Lapisan cat epoksi yang menempel pada dinding akan menggantikan peran dari permukaan desain interior bangunan tersebut. Meskipun terpapar debu, kotoran dan sinar ultraviolet, tembok jauh lebih mudah dibersihkan sehingga dapat mengembalikan keindahan dan kecerahan warna seperti semula.

Tahan Terhadap Cairan Kimia

Lapisan cat epoksi tidak hanya sekedar memberi proteksi dari bakteri dan paparan debu maupun sinar ultraviolet. Di sisi lain zat kimia dalam bentuk cairan juga bersifat keras dan merusak benda yang dikenainya. Namun hal tersebut dapat dihindari dengan melapisi tembok dengan cat epoxy.

Permukaan dinding yang dilapisi dengan cat epoksi diketahui mampu menangani zat kimia seperti thinner, cairan kimia pembersih, bahan kimia bersifat asam dan basa dan sejenisnya. Hal inilah mengapa penerapannya dilakukan pada industri farmasi, ruang perawatan dan laboratorium penelitian.

Penerapannya Menghemat Waktu dan Biaya

Proses melapisi dinding bangunan dengan cat epoksi umumnya hanya memerlukan waktu beberapa hari untuk tahap penyelesaian akhir. Bahkan ketika dikerjakan oleh para tenaga ahli dan profesional, waktu pengerjaan menjadi lebih cepat. Selain itu biaya pengecatan cukup terjangkau dan transparan.

Demikianlah pembahasan mengenai cat epoxy lantai untuk dinding apakah bisa? Telah ditemukan jawabannya berdasarkan penjelasan di atas. Hal ini karena pihak produsen menyediakan bahan pelapis multi-fungsi untuk bagian konstruksi bangunan tersebut.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Epoxy Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp