Ketika seseorang sedang membangun rumah ataupun bangunan apapun dengan lantai beton, tentu mereka mengingikan bahan-bahan yang bagus dan tidak gampang rusak. Maka dari itu guna menahan beban tertentu perlu adanya pelapisan epoxy lantai untuk cold storage.

Epoxy Lantai sebagai Cat Pelapis untuk Cold Storage

Cold storage merupakan ruangan yang dirancang serta dibuat secara khusus dengan tingkat tinggi suhu tertentu dan digunakan untuk menyimpan berbagai produk. Inibertujuan agar dapat mempertahankan kesegaran barang dalam jangka waktu lama.

Ruangan ini bisa disebut juga sebagai freezer room, karena memang fungsinya yang mirip yaitu untuk menyimpan bahan makanan seperti sayur-sayuran atau buah-buahan. Dimana benda tersebutharus dapat dipertahankan kesegarannya.

Untuk itu, perlu adanya lapisan cat khusus pada lantai agar tidak mudah rusak ketika menahan beban berat dari barang-barang atau produk yang tersimpan di dalam ruangan serta dapat tahan juga dengan bahan kimia. Apa saja jenis-jenis dari epoxy lantai?

Jenis – Jenis Epoxy Lantai Cold Storage

Epoxy lantai merupakan cat pelapis beton yang sudah terkenal di seluruh dunia, tentu jenisnya tidak hanya satu, melainkan banyak tergantung dari benda tersebut digunakan pada cold storage. Untuk itu di bawah ini beberapa macamnya, antara lain:

1. Epoxy Lantai Anti Listrik Statis

Aliran listrik mampu merusak barang-barang dalam sebuah ruangan tertentu, maka dari itu ada sebagian bangunan atau tempat yang harus melapisi lantai dengan bahan tertentu agar dapat menguranginya. Mungkin jenis cat ini masih asing bagi sebagian masyarakat.

Jenis epoxy cold storage ini dibuat dengan menggunakan teknologi yang tinggi dan dirancang secara khusus untuk mengurangi muatan aliran listrik statis. Biasanya digunakan ditempat-tempat seperti rumah sakit, laboratoriun, dan pabrik peralatan elektronik.

2. Epoxy Lantai Mortar

Jika rumah atau bangunan yang Anda miliki terbuat dari beton, tentu terkadang mengalami ketetakan halus atau bahkan mengalami kebocoran. Untuk itu perlu adanya bahan pelapis yang mampu menutupnya dengan cepat.

Epoxy lantai cold storagemortar ini merupakan jenis yang paling sering digunakan untuk melindungi dan melapisi bagian permukaan pada beton dan mengalami retak halus. Jenis ini juga dinilai sangat cepat dalam proses pengeringannya.

3. Epoxy Lantai Self Leveling

Jika melihat berbagai bagian bangunan tentu ada tempat-tempat tertentu yang memiliki permukaan tidak rata termasuk pada lantai beton. Oleh karena itu seseorang perlu melapisinya dengan cat epoxy agar menjadi rata dan tidak berlubang.

Dari banyak macam cat epoxy yang sering digunakan, jenis self leveling ini paling cocok jika dibuat untuk menutup celah-celah kecil pada permukaan lantai beton.Sehingga akan membuatnya terlihat sama rata dengan lainnya.

4. Epoxy Lantai Gravel

Saat Anda ingin membuat lantai rumah dengan tema back to nature yang memiliki kesan alam seperti ada beberapa batuan atau kerikil di atas permukaannya maka pelapis cold storage lantai gravel ini sangat cocok bila digunakan.

Jenis cat gravel ini adalah pelapis lantai ala batu kerikil.Sehingga dapat menjadi salah satu pilihan epoxy coating yang paling dekoratif dan juga tepat jika digunakan sebagai lapisan permukaan pada beton. Dalam tahap akhir proses seringkali juga diberi tambahan logo atau lainnya.

5. Epoxy Lantai Solvent-Based

Permukaan lantai yang halus dan memiliki daya tahan tinggi tentu menjadi impian semua orang, terlebih lagi jika memiliki kesan yang menkilap. Maka dari itu cat pelapis epoxy silvent-based lebih cocok digunakan untuk penyuka warna cerah.

Jenis ini memiliki pelarut dengan bahan solvent yang mirip seperti tinner. Cat ini dapat menjadi lebih toleran terhadap pencemaran minyak bumi yang mungkin terjadi pada lapisan permukaan beton dan cold storage. Akan tetapi epoxy solvent-based memiliki bau cukup menyengat saat belum mengering.

6. Epoxy Lantai Water-Based

Ketika menggunakan cat untuk pelapis lantai tentu setiap orang tidak akan jika bahannya menimbulkan bau yang sedikit agak berlebihan. Epoxy water-based ini sangat direkomendasikan bagi Anda.

Jenis ini dibuat dengan bahan pelatur air yang mana jika digunakan tidak akan menghasilkan bau menyengat dan juga sangat cocok apabila digunakan untuk bangunan industri pengolahan makanan. Selain itu, epoxy water-based juga bisa memudahkan proses kerja aplikatornya.

7. Epoxy Self Dispersing

Daya tahan serta kekuatan sebuah lantai ketika menahan beban barang di atas permukaannya tentu harus diperhitungkan ketika sedang membuat sebuah bangunan apapun. Perlu adanya lapisan yang mampu membuatnya awet.

Jenis epoxy self dispersing ini menggunakan mekanik sebagai bahan pelarutnya, yang dipercaya mampu menahan beban gaya atau tegangan. Sehingga sangat cocok jika digunakan padacold storage, bangunan sebuah gudang, atau bagian pabriklainnya.

Nah itu dari beberapa jenis dari cat pelapis lantai yang dapat Anda pilih ketika hendak melapisi permukaan beton pada bangunan. Setiap dari macamnya memiliki fungsi masing-masing termasuk epoxy lantai untuk cold storage.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Epoxy Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp