Floor hardener merupakan campuran grading, pasir, silika, semen, pigmen, dan bahan lainnya dalam beberapa tingkatan ukuran dan spesifikasi untuk ditaburkan pada beton dalam keadaan basah, lalu dilakukan trowel finish agar menghasilkan permukaan lantai yang keras, rata, dan halus. Harga floor hardener bermacam-macam tergantung pada kebutuhan dan kondisi lalu lintas.

Terdapat dua jenis material penyusun floor hardener, pertama material natural yaitu material yang menyerupai warna natural beton. Harga floor hardener jenis ini umumnya lebih murah. Kedua, material berwarna yang memiliki berbagai pilihan warna seperti hijau, biru, kuning, maupun merah.

Biasanya harga floor hardener jenis ini lebih mahal bila dibandingkan dengan material natural. Pengaplikasian floor hardener bertujuan untuk meningkatkan kekuatan lantai beton terhadap benturan atau gesekan beban berat.

Syarat Pengaplikasian Floor Hardener

Terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan ketika pengaplikasian floor hardener. Sebaiknya pengocokan lantai menggunakan metode kotak catur, setelahnya lantai dijidar dan diroskam agar permukaan lantai dapat benar-benar rata. Jika sudah tidak terdapat air yang naik ke permukaan lantai, maka Anda bisa mulai menaburkan floor hardener di atas permukaan lantai.

Pertama, taburkan 2/3 bagian terlebih dahulu kemudian ratakan menggunakan roskam berbahan kayu. Anda bisa menggunakan material dengan harga floor hardener yang sesuai kebutuhan Anda. Namun, semakin bagus kualitas floor hardener, maka harga floor hardener tersebut tentu semakin mahal. Anda tidak perlu khawatir karena rinjaniepoxy.com menyediakan segala kebutuhan pekerjaan lantai Anda dan tentunya harga floor hardener yang terjangkau tapi dengan kualitas yang terbaik.

Pada proses penaburan kedua Anda bisa menaburkan 1/3 bagian sisanya dengan metode silang, kemudian ratakan menggunakan roskam kayu dan dilanjutkan menggunakan roskam besi.

Tunggu sekitar 1 jam untuk dapat menggunakan mesin trowel. Dengan menggunakan mesin trowel, Anda dapat menghasilkan permukaan lantai yang lebih padat, lebih luas, dan lebih halus dalam waktu singkat.

2 sampai 3 jam setelah proses trowel finishing, dapat dilakukan curing compound agar tidak terjadi penguapan air beton sebab pori beton akan tertutup lapisan film. Proses curing ini dapat membantu pembersihan lantai nantinya.

Lantai yang dalam proses curing compound tidak boleh terkena air serta disarankan setelah 48 jam lantai tidak digunakan selama satu minggu. Setelah dicuring, area lantai yang terbuka sebaiknya ditutup menggunakan goni yang telah dibasahi terlebih dahulu untuk mencegah terjadi keretakan.

Beberapa Jenis Floor Hardener dan Fungsinya

Jika Anda memanfaatkan jasa floor hardener untuk pekerjaan lantai Anda, Anda akan memperoleh proporsi floor hardener yang telah disesuaikan dengan standar internasional sehingga kekerasan yang dihasilkan dapat bertahan lebih lama hingga 50% dibandingkan standar lantai beton.

Partikel floor hardener dibuat dalam ukuran khusus agar dapat meningkatkan kepadatan lantai beton dengan cara mengisi pori-pori dan celah yang terdapat di permukaan beton sehingga nantinya dapat lebih mudah menyatu dengan material lain.

Umumnya floor hardener banyak digunakan pada proyek-proyek besar seperti pabrik, jalan beton, landasan pacu, industri alat berat, udang, jalan raya, tempat parkir, bengkel lokomotif, pelabuhan, platform kereta api, dan tempat-tempat lain yang memerlukan lantai yang kuat menopang beban berat.

Terdapat dua klasifikasi floor hardener, yaitu filler lantai logam dan filler lantai non-logam. Anda dapat melakukan konsultasi bersama penyedia jasa floor hardener terpercaya lebih dahulu terkait kebutuhan Anda agar Anda mengetahui secara rinci beragam produk yang ditawarkan dan Anda dapat menyesuaikan harga floor hardener dengan budget yang Anda siapkan.

Berikut ini beberapa jenis floor hardener yang biasa ditawarkan perusahaan kontraktor penyedia jasa floor hardener.

Floor Hardener Logam (Tanpa Karat)

Jenis floor hardener ini biasanya diaplikasikan dalam wujud dry-shake/ wet on wet topping. Tujuan penggunaan floor hardener ini untuk lantai yang memiliki tugas berat dan ekstrim seperti lalu lintas logam dan tangki.

Floor Hardener Non-Logam

Biasanya floor hardener jenis ini diaplikasikan dalam bentuk dry-shake saja dan merupakan jenis floor hardener yang paling banyak dipilih untuk proyek industri maupun komersial seperti pabrik, tempat parkir, sekolah, hingga gudang.

Liquid Hardener (Dustproofer)

Floor hardener ini diaplikasikan menggunakan metode spray-on untuk menghasilkan perlindungan lantai yang efektif dan ekonomis. Floor hardener jenis ini sangan cocok digunakan untuk tempat parkir di daerah perumahan maupun komersial.

Penggunaan floor hardener dapat meningkatkan kualitas daya tahan lantai yang maksimum terhadap benturan, abrasi, dan beban. Selain itu, dengan harga floor hardener yang ditawarkan PT. Rinjani Warna Karya, Anda bisa memperoleh lantai dengan masa pakai lebih lama dibandingkan lantai beton biasa dan dapat lebih mudah memperbaiki kerusakan lantai yang telah dikeraskan.

Segera hubungi customer service kami di telp / whatsapp untuk mengetahui lebih lanjut jasa dan layanan konstruksi lantai kami. Dapatkan penawaran lainnya serta harga floor hardener yang berkualitas dan terjangkau.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Epoxy Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp