Apa yang harus dipertimbangkan saat memilih kontraktor epoxy lantai? Permasalahan ini kerap dialami oleh para pemilik usaha, terutama industri besar. Mendirikan sebuah bangunan usaha memang bukan perkara mudah, terlebih mempertimbangkan kualitas bahan. Alasan ini pula yang membuat banyak arsitek menyarankan penggunaan epoxy pada bangunan. Lantas, apa pula kelebihan epoxy yang membuatnya begitu digandrungi?

Kelebihan yang Ditawarkan Kontraktor Epoxy Lantai

Belakangan, pengaplikasian epoxy pada permukaan lantai maupun dinding sudah kian populer. Kita sering mendapati lantai yang terlihat sangat mengkilap dan bebas dari noda, misalnya di mall, rumah sakit, lahan parkir, maupun restoran. Dibalik lantai kinclong tersebut, ternyata sang pemilik sengaja menggunakan cat epoxy untuk mempertahankan keindahan permukaan lantai.

Salah satu kelebihan cat epoxy lantai memang mampu menonjolkan kilauan permukaan lantai maupun dinding. Lapisan yang diaplikasikan oleh kontraktor epoxy lantai bersifat melapisi permukaan dibawahnya. Selain itu, pemasangan epoxy pada lantai parkir pun bisa meminimalisir terbentuknya noda hitam atau bekas ban. Sehingga lantai tetap terlihat bersih tanpa harus sering dibersihkan.

Adapun kelebihan lain dari bahan epoxy tentu bisa terlihat dari segi kekuatan. Lantai berlapis epoxy dijamin tetap mulus saat terjadi benturan dengan benda berat. Tak ada retakan, gesekan, maupun kerusakan layaknya pada marmer maupun keramik.

Proses pembersihan permukaan pun sangat mudah, sebab daya serap cairan pada epoxy sangat rendah. Jika lantai atau dinding terciprat minyak, Anda bisa langsung mengelapnya dengan lap bersih.

Tak cuma beberapa alasan diatas, pertimbangan lain memasang epoxy tentu daya tahannya. Bila dibandingkan dengan permukaan lantai biasa, epoxy beri masa pakai lebih panjang. Pengguna lantai tak perlu sering-sering melakukan perawatan khusus pada lantai. Hal serupa kerap disampaikan oleh kontraktor epoxy lantai. Anda hanya perlu mengetahui hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada lantai epoxy.

Jenis-Jenis Epoxy Yang Digunakan Kontraktor Epoxy Lantai

Nah, bagaimana dengan teknik atau jenis epoxy yang beredar di pasaran? Pengerjaan epoxy memang memakan waktu cukup panjang. Ini berkaitan dengan jenis epoxy yang dipilih oleh para klien. Setidaknya, ada 5 jenis epoxy yang sering digunakan pada dunia industri, yakni sebagai berikut.

Floor Mortar

Mortar

Ingin memperbaiki permukaan lantai berbahan beton? Anda bisa memanfaatkan epoxy mortar untuk mengisi celah pada lapisan beton. Nantinya, kontraktor epoxy lantai akan memasukkan acian dan melapisinya dengan epoxy.

Daya tahannya tak perlu diragukan lagi, karena epoxy mortar bersifat waterproofing. Hasil akhirnya bisa langsung terlihat pada permukaan lantai beton yang memang rapuh. Umumnya, epoxy jenis ini diaplikasikan pada garasi, pabrik, maupun restoran.

Self-Leveling

Tak jauh berbeda dengan epoxy mortar, self-leveling didesain untuk permukaan lantai berbahan beton maupun semen biasa. Pengaplikasiannya tak mesti pada lantai baru, namun juga lantai rusak yang butuh perawatan.

Sayangnya, pengerjaan lantai ini bakal memakan waktu sangat lama. Kontraktor harus mengecat lantai berulang kali untuk memastikan permukaannya rata sempurna. Meskipun butuh waktu lama, lantai justru bisa langsung dilewati usai cat benar-benar kering. Ini sangat berbeda dengan cat epoxy jenis lainnya.

Menariknya, Anda bisa menambahkan epoxy berwarna pada permukaan untuk menambah instruksi khusus. Poin plusnya, self-leveling membantu lantai terhindar dari abrasi bahan kimia serta anti slip.

Floor Leveling
Floor Coating

Floor Coating

Apakah epoxy hanya bisa diaplikasikan pada permukaan lantai semen saja? Jawabannya tentu saja tidak. Anda bisa mengaplikasikan cat epoxy hampir di seluruh permukaan atau bahan. Jenis floor coating membuktikan hal tersebut dengan mencampurkan epoxy resin dengan bahan polymed. Nantinya, reaksi dari kombinasi bahan tersebut digunakan untuk mengecat permukaan solid, seperti baja, beton, kayu, keramik, hingga metal. Jadi, tak ada alasan buat Anda menolak kontraktor epoxy lantai memperindah ruangan di rumah maupun kantor.

Flake Floors

Sesuai namanya, flake floors bisa dibilang tidak semulus lantai-lantai epoxy lainnya. Jenis epoxy satu ini meninggalkan serpihan halus pada permukaan lantai. Serpihan tersebut memang sengaja diciptakan untuk mengurangi slip pada permukaan.

Cara pembuatannya dengan menambahkan serpihan atau keping berwarna ke dalam formulasi epoxy. Dari segi hasil, epoxy flake floors terlihat sangat berwarna dan estetik. Kilauan warna pada lantai menambah semarak ruangan secara keseluruhan. Bila Anda ingin membuat lantai semacam ini, pastikan memilih warna, tekstur, serta gaya yang sesuai dengan desain bangunan secara keseluruhan.

Floor Flake
Floor Quartz

Quartz

Pernah melihat lantai berkilau dengan tekstur berbatu halus? Atau lantai bak puing-puing batu kuarsa? Anda mungkin mengira lantai tersebut tersusun atas keramik mahal tanpa potongan. Pada kenyataannya tak demikian, sebab epoxy quartzlah yang mewujudkannya.

Teknik pengerjaan epoxy quartz yang memanfaatkan resin dan kepingan batu kuarsa menciptakan tekstur indah. Butiran kuarsa yang dipilih pun berwarna indah, sehingga terlihat seolah-olah nyata. Apalagi kilau yang dihasilkan membuat lantai bak ruangan mewah. Kontraktor epoxy lantai sering mengerjakan jenis ini pada ruang ganti maupun toilet.

Itulah beberapa hal penting tentang jenis – jenis pekerjaan yang di lakukan oleh kontraktor lantai epoxy terpercaya. Pastikan untuk mempercayakan pekerjaaan ini pada spesialis epoxy lantai terbaik. Andapun dapat mempercayakan kepada kami PT. Rinjani Warna Karya yang siap membantu Anda secara maksimal. Jika Anda masih ada kebingunan dalam hal pekerjaan epoxy lantai maupun harga epoxy lantai, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para spesialis epoxy lantai kami di telp / whatsapp. Semoga hari – hari dan aktifitas Anda selalu lancar.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Epoxy Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp