Seringkali Anda pasti mendapati lantai gedung, basement, trotoar yang permukaannya sudah rusak karena tidak mengetahui cara merawat epoxy lantai. Hal ini juga terjadi karena banyaknya aktivitas yang terjadi membuat lantai tidak tahan lama dan warnanya mudah pudar.

Untuk menyiasati permasalahan ini, kebanyakan pemilik gedung dan kantor memilih menggunakan cat epoxy. Penggunaan cat epoxy pada lantai juga memperindah tampilan lantai dengan berbagai warna yang mengkilap.

Apa itu Cat Epoxy? Inilah Penjelasannya

Biasa digunakan pada bagunan gedung, kantor, basement, hotel, rumah sakit, lapangan olahraga, trotoar bahkan sampai perumahan. Pelapis beton atau lantai ini dibuat dari bahan epoxy atau resin dan polymed.

Disebabkan karena cat ini membuat beton atau lantai dapat bertahan lebih lama. Selain itu menggunakan cat epoxy juga menambah nilai estetika bagi lantai karena terdapat berbagai pilihan warna serta sifatnya yang glossy.

Maka dari itu banyak orang yang beralih pada cat epoxy. Namun yang perlu diketahui adalah cara merawat lantai epoxy. Tidak jarang orang yang sudah mengaplikasikannya tetapi tidak mengetahui cara merawatnya.

Cara Merawat Lantai Epoxy Sehari-hari

Lantai yang sudah melalui proses cat epoxy akan tahan lama. Namun Anda perlu memperhatikan bagaimana cara perawatannya juga. Sebab cat epoxy di lantai tidak akan bertahan lama pula jika tidak dirawat atau cara merawatnya salah.

Perawatan dapat dilakukan secara berkala agar lantai terlihat bersih. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan sebagai cara merawat lantai epoxy adalah membersihkan lantai secara continue. Misalkan disapu setiap hari menggunakan sapu ijuk untuk membersihkan debu atau kotoran pada lantai.

Sebisa mungkin pilih sapu ijuk yang memiliki bulu sapu yang halus agar tidak menggores lantai. Kalau tidak bisa dilakukan setiap hari, maka lakukan setidaknya 3 hari sekali. Karena apabila debu dan kotoran sudah menumpuk akan lebih sulit lagi untuk dibersihkan.

Untuk cara merawat lantai epoxy, Anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner. Alat ini digunakan untuk menjangkau debu dan kotoran pada bagian ujung yang sulit dijangkau. Sangat efektif apalagi untuk debu yang tidak kasat mata.

Untuk noda membandel, Anda juga dapat menggunakan kain lap atau kain pel pada bagian tersebut. Gosok bagian yang membandel secara perlahan dan usahakan pula kain yang digunakan bertekstur lembut juga.

Hal ini agar mengurangi gesekan terhadap lantai yang membuat lantai berwarna pudar dan tergores oleh kain. Berbeda lagi jika lantai tertumpahkan cairan berupa air, minyak, oli dan bisa juga bahan kimia. Anda tidak perlu khawatir, cukup lap dengan kain yang lembut bagian yang terkena cairan. Usap secara perlahan pula dan biarkan kering.

Lap yang digunakan tentu harus cat yang bersih ya. Apabila menggunakan kain lap yang kotor, akan menimbulkan bercak kotor dan sulit untuk menghilangkannya. Yang perlu diperhatikan lagi adalah waktu pembersihannya.

Sebaiknya Anda membersihkan bekas tumpahan cairan seketika. Tidak perlu menunggu beberapa saat atau bahkan membiarkannya karena lama-kelamaan akan merusak cat epoxy lantai.

Menjadwalkan Pembersihan Secara Menyeluruh di Lantai Epoxy

Yang terakhir Anda dapat menjadwalkan untuk membersihkan secara menyeluruh dalam jangka waktu 2 atau 3 bulan sekali. Jika digunakan dalam kantor atau rumah maka Anda perlu memindahkan barang-barang yang ada diatasnya.

Dalam pemindahan barang tentu Anda membutuhkan waktu yang cukup untuk kemudian dibersihkan. Barang yang lama tidak dipindah tentu menghasilkan banyak debu dan kotoran di bawahnya. Karena banyaknya kotoran dan debu yang menumpuk membuat Anda harus ekstra dalam pembersihannya.

Cara merawat lantai epoxy yang sudah lama tertimbun barang-barang yaitu dapat menggunakan cairan pembersih lantai. Namun penggunaannya tetap tidak boleh berlebihan dan yang tidak mengandung banyak zat kimia. Bersihkan secara perlahan dan tetap memperhatikan lap kain yang digunakan.

Karena memiliki debu atau kotoran yang lama menimbun biasanya terdapat noda yang susah dibersihkan. Anda dapat membersihkannya dengan sikat, namun sikat yang digunakan harus lembut. Contohnya sikat berbahan nylon dipadukan dengan cairan pembersih lantai.

Cukup dituangkan sedikit pada bagian yang bernoda atau disemprotkan saja. Kemudian sikat secara perlahan untuk hasil yang lebih maksimal. Apabila noda didapatkan dari kendaraan, Anda dapat menggunakan pembersih concentrate greaser.

Penggunaannya cukup di tuangkan pada noda kendaraan dan tunggu sekitar 10 sampai 15 menit sebelum menyikatnya. Jika belum hilang tambahkan sedikit air, sikat lagi dan lap dengan kain bersih.

Kenali Rinjani Epoxy Lantai, Penyedia Jasa yang Profesional

Terdapat banyak sekali jasa epoxy yang dapat Anda temui, namun tidak semuanya menawarkan garansi epoxy. Menyediakan garansi, jasa Rinjani Epoxy juga telah banyak digunakan oleh banyak orang dalam epoxy lantai.

Adanya garansi ini membuat para konsumennya memilih jasa epoxy Rinjani karena nyaman dan terpercaya. Dengan harga yang bersaing pula, jasa Rinjani Epoxy menawarkan harga yang terjangkau per meternya. Selain harga, kualitas pengerjaan epoxy lantai milik Rinjani Epoxy juga sangat memuaskan.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Epoxy Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp