Waterproofing membrane bakar adalah suatu teknik pelapisan yang dilakukan pada berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan. Seperti contohnya pada rumah, gedung bertingkat, gedung olahraga, membrane bakar memang sangat cocok.

Membrane bakar ini terbuat dari beberapa lembaran material dan aspal. Selain itu modifikasi berupa non woven polyester juga digunakan dalam proses pembentukan membrane ini. Dalam pengaplikasiannya, membrane ini dibakar terlebih dahulu pada bagian bawahnya.

 

Mengapa Harus Menggunakan Waterproofing Membrane Bakar?

Seperti yang sudah diketahui bahwa waterproofing membrane bakar sangat cocok digunakan untuk struktur beton seperti dag bangunan, lantai beton, dan sejenisnya. Jika Anda ingin menggunakan teknik ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh teknik waterproofing membrane bakar ini yang bisa Anda pelajari sebagai berikut.

Menambah Kekuatan Pada Beton

Jenis pelapisan struktur beton menggunakan bahan waterproofing membrane bakar memang terlihat cukup kuat terhadap cuaca yang ekstrem. Hal ini sangat diperlukan apabila Anda ingin melapisi bangunan yang terdapat dalam bagian luar.

Cuaca ekstrem yang seringkali berubah pasti akan mempengaruhi terhadap sifat fisis beton. Maka penggunaan membrane bakar sangat diperlukan untuk melapisi struktur material beton itu sendiri.

Tahan Terhadap Kelembaban

Kelembaban suatu bangunan biasanya terjadi pada bangunan yang berada jauh dari pencahayaan matahari. Jika hal itu terus berlanjut maka akan berakibat pada struktur beton yang terdapat pada bangunan tersebut. Oleh karena itu pelapisan beton menggunakan teknik waterproofing sangat diperlukan. Hal ini agar tetap menjaga kekuatan dan menambah awet dari bahan yang digunakan.

Daya Tahan Kuat

Jika suatu struktur beton dilapisi oleh waterproofing membrane bakar dengan teknik waterproofing maka akan menambah daya tahan yang terdapat dalam beton tersebut. Hal ini untuk mencegah terjadinya beberapa kerusakan akibat dari bahan kimia berbahaya.

Oleh karena itu jika Anda menggunakan teknik ini dalam skala pabrik, sangatlah diperlukan. Selain itu menggunakan teknik ini juga membuat daya tahan kuat terhadap terpaan garam atau zat pengikis lainnya.

 

Tahan Terhadap Tekanan

Secara ilmiah, tekanan sangat berpengaruh terhadap sifat suatu bahan material. Penggunaan teknik waterproofing menggunakan membran sangatlah diperlukan untuk menstabilkan tekanan yang ada di sekitar lingkungan. Jika mereka sudah stabil maka akan terbentuk struktur material yang kuat dan awet.

Mudah Diaplikasikan Dalam Beberapa Tempat

Teknik ini cocok digunakan untuk bangunan yang biasanya terdapat di berbagai tempat dengan lingkungan berupa suhu, tekanan, dan kelembaban. Maka dari itu perlunya Anda menggunakan teknik ini apabila diperlukan dalam pembangunan pabrik atau kantor.

Hal ini karena teknik ini sangat fleksibel terhadap beberapa keadaan lingkungan. Jika hal tersebut sudah bisa teratasi maka tidak perlu khawatir untuk menjadikan suatu tempat tetap nyaman.

Jenis-Jenis Waterproofing Membrane Bakar

Setelah mengetahui beberapa keunggulan yang dimiliki oleh teknik waterproofing dengan membran bakar, maka ada baiknya mengetahui beberapa jenis dari teknik ini. Ada berbagai jenis-jenis yang dimiliki oleh teknik ini yang memiliki beberapa perbedaan.

Tentunya setiap jenis dari membrane bakar ini memiliki spesifikasi dan fungsi yang berbeda-beda. Jika Anda belum mengetahui ini, maka ada baiknya untuk mengetahui jenis membrane keramik sebagai berikut.

Membrane Swimming Pool

Seperti namanya, membrane ini dikhususkan untuk penggunaan pelapisan pada kolam renang dan beberapa jenis tangki air. Membrane ini memiliki ketebalan sebesar 4.0 mm dengan bahan polymer atau sand.

Membran swimming pool ini memiliki tampilan yang lebih elegan dibandingkan dengan yang lain. Membran ini dinilai lebih kuat dibandingkan dengan penggunaan keramik pada kolam renang.

Hal ini karena material dari bahan membrane ini sangatlah cocok terhadap beberapa situasi dan kondisi. Mengingat bahwa penggunaan membrane ini digunakan pada kolam renang yang sering terpapar sinar matahari.

 

Membran Sand

Membran ini digunakan untuk atap, dinding basement, toilet, dak dan beberapa jenis banguna yang lainnya. Membran ini memiliki ketebalan sebesar 3.0 mm. Sehingga membuat kemampuan material beton bisa terlindungi dari pengaruh lingkungan luar. Membran ini terbuat dari bahan pelapisan berupa sand surface.

Pada membran ini juga memiliki beberapa keunggulan, seperti jika digunakan pada toilet. Keadaan toilet yang terkadang mengalami kelembaban akibat suhu. Maka membran ini akan melindungi dari bagian luar pada membran.

Membran Mineral

Membran ini memiliki ketebalan yang sama dengan membran sand yaitu sebesar 3.0 mm. Sehingga penggunaan membran ini juga untuk melindungi struktur dalam pada beton.

Menggunakan material bahan berupa granule surfaced, membran ini sangat disarankan untuk atap talang dan dak. Penggunaan membran ini untuk atap talang sangat disarankan karena membran ini memang dikhususkan untuk bahan tersebut.

Membran Plain

Membran ini digunakan untuk dak, atap, talang, dinding basement, dan toilet atau hampir semua jenis bangunan. Hal ini karena membran ini terbuat dari material bahan berupa polymer surfaced. Ketebalan yang dimiliki oleh membran ini adalah sebesar 2.0 mm.

 

Pelayanan Rinjani Epoxy yang Terpercaya

Rinjani Epoxy merupakan penyedia jasa pengaplikasian waterproofing membrane bakar. Dalam pelayanannya, terdapat garansi untuk para customer yang pastinya bisa membuat gedung atau bangunan yang dikerjakan semakin terjamin keamanan serta keawetannya. Segera konsultasikan aneka layanan dari Rinjani Epoxy untuk mendapatkan hasil terbaiknya.

 

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Epoxy Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp